HASIL RAKERNAS PERDAMI (1)

Rapat Kerja Nasional ( Rakernas )  Perdami  yang  dilaksanakan seusai Pertemuan Ilmiah Tahunan        ( PIT ) di Surabaya, pada tanggal 7 dan 8 Juli 2012  telah menghasilkan beberapa keputusan. Dalam sesi Rapat Pengurus Pusat dan Pengurus Cabang telah dicapai kesepakatan beberapa rekomendasi  yang amat strategis. Diantara rekomendasi itu berkaitan dengan alokasi iuran anggota dan sisa dana Pertemuan Ilmiah Tahunan ( PIT ) , masalah pendanaan/audit kegiatan di Perdami Cabang, restrukturisasi SPBK, regulasi kepesertaan kongres dan tata cara pemilihan Ketua Perdami.

Pertama, soal alokasi iuran anggota dan sisa dana PIT. Telah dicapai kesepakatan bahwa seluruh iuran anggota Perdami akan diserahkan seluruhnya kepada Pengurus  Cabang ( PC ) Perdami  terkait. Kemudian,  sisa dana PIT akan diserahkan sepenuhnya kepada PP ( Pengurus Pusat ) Perdami. Jadi, PC kelak tidak akan lagi memperoleh pembagian sisa dana sebagaimana  PIT PIT sebelumnya. Dana ini akan diperuntukkan, diantaranya,  untuk pengadaan kantor sekretariat PP yang baru. Sementara itu, jika PC  berencana mengadakan berbagai kegiatan yang memerlukan dana, maka  mereka wajib menyampaikan proposal kegiatan kepada PP . PP akan menyetujuinya sekaligus mengucurkan dana yang diperlukan.

Secara prinsipil, Perdami Cabang Bekasi – seperti disampaikan oleh dr. Riki Tsan, SpM yang mewakili pengurus Perdami Cabang  Bekasi – tidak keberatan dengan rekomendasi yang digagas dan disepakati oleh para peserta Rakernas. Namun , yang harus menjadi pertimbangan kita semua  ialah  manakala rekomendasi ini ( tentu, jika sudah disahkan ) diterapkan kepada Perdami Cabang  dengan jumlah anggota yang relatif kecil. Kenapa ?.

Karena, secara faktual , jumlah dana yang diterima PC dari sisa  PIT  akan jauh lebih besar dibandingkan dengan  jumlah seluruh iuran anggota yang dihimpun oleh PC tersebut. Ambil contoh Perdami Cabang Bekasi. Saat ini di wilayah Perdami Cabang Bekasi , yang meliputi Kota dan Kabupaten Bekasi, terdapat 25 orang anggota Perdami. Jika seluruh anggota membayar iuran anggota, maka dana iuran anggota yang akan diperoleh oleh PC   Bekasi berjumlah   : 480 ribu rupiah x 25 orang  yaitu 12 juta rupiah .

Jumlah ini jauh lebih kecil dibandingkan dengan sisa dana PIT Manado yang akan diperoleh oleh PC Bekasi. Mengacu kepada Laporan Keuangan PP Perdami yang disampaikan pada Rakernas , Perdami Cabang Bekasi yang baru berusia 1.5 tahun, menduduki ranking ke-11 dari 16 Cabang Perdami dalam perolehan sisa dana PIT Manado 2011, melampaui perolehan Perdami Cabang Surakarta, Sumatera Barat , Banten, Riau dan NAD Aceh. Perdami Cabang Bekasi memperoleh sisa dana PIT Manado 2011 sebesar Rp. 25.336.000,-.

Untuk Cabang Perdami yang baru terbentuk dan dengan intensitas kegiatan   yang semakin meningkat  serta keharusan menyiapkan   sarana/pra sarana  organisasi  , jumlah dana sebesar ini tentu saja sangat signifikan  untuk  menggerakkan ‘mesin’ organisasi   dan  meningkatkan partisipasi  anggota dalam berbagai kegiatan organisasi.

Kedua, tentang restrukturisasi Seksi Penanggulangan Buta Katarak ( SPBK ) Perdami. Peserta  Rapat  sepakat untuk merekomendasikan bahwa Seksi Penanggulangan Kebutaan Katarak ( SPBK ) yang sebelumnya berada di bawah DP3M, akan dijadikan sebagai Departemen tersendiri yang secara struktural  berada langsung di bawah  ‘komando’  Ketua PP Perdami. Perubahan ini dilatarbelakangi oleh semakin tingginya kinerja SPBK selama ini yang ditengarai tidak akan bisa terakomodasi jika  SPBK berada dalam posisi ‘Seksi’ seperti sekarang ini ( To be continued )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s