HASIL RAKERNAS PERDAMI (2)

Rapat Kerja Nasional ( Rakernas )  Perdami  yang  dilaksanakan seusai Pertemuan Ilmiah Tahunan ( PIT ) di Surabaya, pada tanggal 7 dan 8 Juli 2012  juga telah menghasilkan beberapa keputusan yang menyangkut Tata Tertib  dan Restrukturisasi Organisasi.

Dalam sesi Rapat PP Perdami dengan Pengurus Cabang Perdami telah dibicarakan 2 hal yang berkaitan dengan  Tata Tertib Organisasi yakni tata ulang Kepesertaan Kongres Perdami dan Teknis Pemilihan Ketua PP Perdami.

Latarbelakang pemikiran yang melandasi perlunya penataan ulang kedua hal ini ialah kenyataan bahwa kehadiran anggota Perdami untuk mengikuti Kongres Perdami dari waktu ke waktu terlihat mengalami penurunan, khususnya pada sesi pemilihan Ketua PP Perdami yang biasanya dilaksanakan pada hari – hari terakhir Kongres/PIT Perdami.

Bertolak dari pemikiran tersebut di atas , maka Rakernas sepakat untuk  merekomendasikan  penerapan  SISTEM PERWAKILAN bagi peserta yang akan menghadiri Kongres Perdami. Adapun soal Pemilihan Ketua PP Perdami, mulanya ada usulan pemilihan Ketua PP Perdami dengan cara  ‘voting’ ( pemberian suara ) lewat Short Messaging Service ( SMS )  yang tidak mengharuskan peserta hadir di ruang Kongres. Namun cara ini telah ditolak dan tidak akan direkomendasikan.

One response

  1. Dr. Suratmin SpM(K) | Reply

    Hal ini telah berulangkali diwacanakan pada setiap kongres. Pemilihan bisa saja melalui wakil cabang apabila lebih dahulu wakil-wakil cabang itu ditetapkan melalui pemilihan cabang secara demokratis lengkap dengan berita acara pemilihan yang ditanda tangani pelaksana pemilihan (bukan oleh ketua cabang). Mengenai kehadiran, tidak bisa juga wakil terpilih akan tetap bisa dijamin hadir pada waktu pemilihan ketua . Pengalaman menunjukkan bahwa para wakil yang ditunjuk untuk hadir dalam rapat komisi, kenyataan hanya beberapa orang yang nongol. Jadi menurut pendapat saya, biar saja beberapa anggota perdami yang hadir pada pemilihan langsung, asal saja sebelumnya secara gencar disosialisasikan bahwa akan ada pemilihan langsung pada jadwal tertentu. Yang tidak hadir dianggap golput dan tidak punya hak mengganggu gugat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s