HASIL RAKERNAS PERDAMI (3)

Pada Rapat Kerja Nasional ( RAKERNAS ) Perdami 7-8 Juli di Surabaya, pada sesi Rapat Pengurus Pusat ( PP )  Perdami dan Pengurus Cabang Perdami juga telah dibahas tentang restrukturisasi Seksi Penanggulangan Buta Katarak ( SPBK ) Perdami dan peninjau ulang penamaan KELOMPOK SEMINAT seperti terdapat di dalam struktur kepengurusan PP Perdami (  http://perdami.or.id/?page=content.view&alias=perdami_pusat ).

Peserta  Rapat  sepakat untuk merekomendasikan bahwa Seksi Penanggulangan Kebutaan Katarak ( SPBK ) yang sebelumnya berada di bawah Departemen Peningkatan Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat ( DP3M ) , akan dijadikan sebagai Departemen tersendiri yang secara struktural  berada langsung di bawah  Ketua Pengurus Pusat Perdami. Perubahan ini dilatarbelakangi oleh semakin tingginya kinerja SPBK selama ini yang ditengarai tidak akan bisa terakomodasi jika  SPBK berada dalam posisi Seksi seperti sekarang ini.

Selanjutnya, penamaan ‘SEMINAT’ terhadap KELOMPOK SEMINAT yang terdapat di dalam struktur kepengurusan PP Perdami akan ditinjau ulang. Penamaan SEMINAT juga terdapat di dalam struktur kepengurusan Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia ( PB IDI ).

Di lingkungan  IDI terdapat organ organisasi yang disebut dengan PERHIMPUNAN DOKTER SEMINAT ( PDSm) . Pada AD/ART IDI pasal 45 disebutkan bahwa Perhimpunan Dokter Seminat adalah himpunan dokter dokter anggota IDI dengan minat yang sama untuk lapangan ilmu kedokteran atau non kedokteran, bersifat multidisiplin. Perhimpunan Dokter Seminat bernaung di bawah IDI, yang kepengurusannya disahkan dan dikukuhkan oleh SK Pengurus Besar IDI.

Untuk tidak mengacaukan  istilah Seminat ini, maka peserta Rakernas Perdami telah mengusulkan untuk merubah atau meninjau ulang istilah KELOMPOK SEMINAT yang terdapat di dalam struktur kepengurusan PP Perdami.

One response

  1. Dr. Suratmin SpM(K) | Reply

    Sebenarnya kelompok Seminat Perdami sudah memenuhi ketentuan Dokter Seminat IDI. Ajukan saja struktur organisasi kelompok seminat Perdami ke IDI untuk mendapat pengakuan IDI. Kewajiban PP Perdami dan kelompok seminatnya untuk mmemperjuangkan keberhasilan hal ini. Bisa saja namanya sedikit berobah. Contoh: di Perdami bernama Kelompok seminat Neurooftalmologi, di IDI bernama Perhimpunan Dokter Seminat Neurooftamologi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s