JEBLOSKAN DOKTER KE PENJARA !.

by dr.Riki Tsan,SpM

Ironis!. Harian Kompas edisi 13 November 2013 memberitakan bahwa 3 orang dokter spesialis kebidanan dan kandungan di Menado diputus bersalah oleh Mahkamah Agung karena melakukan tindak pidana berbentuk malpraktek dan harus mendekam di penjara selama 10 bulan.

Salah seorang dokter   diciduk di Balikpapan dan segera dijebloskan ke rumah tahanan, sementara 2  dokter lainnya buron dan masuk kedalam DPO ( Daftar Pencarian Orang ).

‘Dosa’ mereka adalah bertindak cepat dan sigap menolong pasien gawat darurat dengan ketuban pecah dini tanpa memberitahukan kepada keluarga pasien. Si pasien meninggal dunia tetapi anaknya selamat dan sekarang tumbuh sehat.

Sedangkan, para dokter yang sudah mati matian berusaha membantu si ibu itu diganjar dengan menginap gratis di ‘hotel prodeo’ dan dipermalukan nama baiknya. Sungguh, menyedihkan dan mengenaskan!. Demikiankah nasib dokter di negeri tercinta ini ?.

2 responses

  1. Soemardoko Tjokrowidigdo | Reply

    TS Semua dr.Spesialis Mata yg saya cintai,
    Berkaca dari peristiwa Sejawat kita yg baru kena musibah, kita harus lebih waspada. Apabila kita melihat/ mengetahui Ada kasus yg mempunyai risiko tinggi untuk penuntutan tolong segera memberi tahu (lapor) ke DKEK Profesi sehingga tindakan pencegahan tidak terlambat.
    Sebenarnya kasus ini hampir sama Dengan kasus yg menimpa dr R/IS di Jakarta yg oleh MKDKI diputus bersalah Dan di kenaikan sangsi dibekukan STR/SIP selama 3 bl Dan baru berakhir bl September yg lalu ok dipersalahkan tidak jujur memberikan keterangan ttg penyulit yg terjadi. Meskipun Sebelumnya sudah dibicarakan di intern DKEK secara Etika Dan disiplin tidak Ada pelanggaran.
    Oleh karena itu kita harapkan pengertian Sejawat utk meningkatkan budaya lapor bila mengetahui Ada kasus yg risiko penuntutannya tinggi sehingga DKEK Perdami dapat lebih siap Dan DKEK Akan mencegah untuk tidak dibawa ke PTUN hanya sampai ke MKDKI saja dimana masih ada unsur Dokterdalam kepungurusannya ( msh dalam linkup IDI/KKI).
    Terima kasih atas perhatiannya.
    Salam Sejawat,
    Soemardoko Tjokrowidigdo
    Ketua DKEK Perdami.

    1. Terima kasih,Dr.Soemardoko. Izinkan kami untuk menayangkan comment sejawat di posting webblog ini sehingga dapat diketahui sejawat kita yang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s